JENIS LAYANAN

PT Kereta Api Indonesia memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.

Kereta penumpang

Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia di Jawa dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (30%), bisnis (22%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (39%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%). Kelas Eksekutif adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia, yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.
Awalnya, kelas eksekutif dibedakan menjadi dua, yaitu kelas Argo dan kelas Satwa. Perbedaan antara dua kelas ini terletak pada nama kereta, jenis armada yang digunakan, dan tingkat kenyamanan pada masing-masing layanan. Namun, saat ini layanan kelas Argo dan Satwa telah disamakan sehingga hanya terdapat kelas Eksekutif saja.


 Kelas Ekonomi

Kereta kelas ekonomi AC.
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi, PT Kereta Api Indonesia juga mengoperasikan sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:
 Jalur jalur percabangan KRL Commuter line JABODETABEK

 Cara Naik KRL Commuter Line Untuk Pemula

 

MRT Jakarta

Mencoba MRT Jakarta Untuk Pertama Kali dari Bundaran HI ke Lebak Bulus

Trial Run MRT Jakarta Hari Pertama Ujicoba Untuk Umum MRT Jakarta


 LRT 

LRT Jakarta dan LRT Jabodebek, Bedanya Apa Sih?

 Uji Coba LRT Jakarta Kelapa Gading - Velodrome

 LRT PALEMBANG SERASA DI LUAR NEGERI

Kereta api bandara

PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan kereta bandara yang menghubungkan stasiun-stasiun sekitar hingga ke bandara baik yang dioperasikan sendiri maupun yang dioperasikan oleh PT Railink. Moda transportasi ini sangat berguna karena mengurangi jumlah kepadatan kendaraan menuju bandara. Untuk saat ini sudah tersedia rute menuju ke
 Stasiun Bandara Kualanamu,
KERETA BANDARA TERMEWAH dan PERTAMA
 yang Ada di Indonesia. Trip Kereta Api ARS Kualanamu-Medan

Bandar Udara Internasional Minangkabau
(Eng sub) CARA NAIK Kereta Api Bandara
 Internasional Minangkabau - BIM Padang
 
Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
 MENCOBA KERETA BANDARA JAKARTA |
 RAILINK SOEKARNO HATTA - SUDIRMAN BNI CITY


Bandar Udara International Yogyakarta
Naik KA Bandara Yogyakarta YIA - Dari Stasiun Yogyakarta Ke Wojo

Bandar Udara Ineternasional Sultan Mahmud Badarudin Palembang
Palembang Light Rail Transit (LRT) (Bandara SMB II ke Ampera) - Part 01

Kereta wisata

Interior kereta wisata "Jawa"
PT Kereta Api Indonesia juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi nama Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, Jawa, Imperial, dan Priority.[16] Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan jurusan PurwosariWonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun di Sumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.[17]


Kereta Cepat


FAKTA MENGEJUTKAN KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG

 Bukan Mimpi! RI Pertama di ASEAN: Proyek 'Shinkansen' Jakarta-Bandung Selesai 2021

 Nasib Proyek Kereta Cepat Jepang - RI




Kereta barang

Kereta peti kemas.
Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.[18]
Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut peti kemas, kereta pengangkut batu bara, kereta pengangkut semen, dan sebagainya.[19]
Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia membuat anak perusahaan yang bernama PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.

Kereta barang peti kemas

KA semen mengangkut material semen
Kereta barang peti kemas melayani beberapa rute, antara lain:
Rute kereta api Nambo-Banyuwangi Baru adalah rute kereta api terjauh yang pernah dioperasikan oleh PT KAI, dengan panjang rute mencapai 1060 km dan waktu tempuh mencapai 23 jam.

Kereta barang bahan bakar minyak

Kereta api ketel adalah kereta api angkutan barang yang mengangkut bahan-bahan cair seperti bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar khusus (BBK). Salah satu kerja sama PT Kereta Api Indonesia dalam angkutan BBM dan BBK dengan PT Pertamina. Rute kereta barang ini di antaranya:

Kereta barang pupuk

Kereta api pupuk mengangkut pupuk milik Pusri dengan rute Stasiun Cilacap-Stasiun Prupuk[20] dan Stasiun Cilacap-Stasiun Ceper.[21]

Kereta barang cepat

Kereta barang cepat yang diberi nama Over Night Service (ONS)[22] beroperasi di koridor Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi. Satu rangkaian kereta ONS terdiri dari 10-14 kereta bagasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOKOMOTIF DIESEL INDONESIA

LOKOMOTIF UAP INDONESIA

LOGO PT KERETA API INDONESIA