JENIS LAYANAN
PT Kereta Api Indonesia memberikan layanan kereta api penumpang dan
barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan
kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.
Awalnya, kelas eksekutif dibedakan menjadi dua, yaitu kelas Argo dan kelas Satwa. Perbedaan antara dua kelas ini terletak pada nama kereta, jenis armada yang digunakan, dan tingkat kenyamanan pada masing-masing layanan. Namun, saat ini layanan kelas Argo dan Satwa telah disamakan sehingga hanya terdapat kelas Eksekutif saja.
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat,
selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi
sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi, PT
Kereta Api Indonesia juga mengoperasikan sejumlah rangkaian kereta api
kelas ekonomi unggulan, yaitu:
PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan kereta bandara yang menghubungkan stasiun-stasiun sekitar hingga ke bandara baik yang dioperasikan sendiri maupun yang dioperasikan oleh PT Railink.
Moda transportasi ini sangat berguna karena mengurangi jumlah kepadatan
kendaraan menuju bandara. Untuk saat ini sudah tersedia rute menuju ke
Stasiun Bandara Kualanamu,
Bandar Udara Internasional Minangkabau
Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
Bandar Udara International Yogyakarta
Bandar Udara Ineternasional Sultan Mahmud Badarudin Palembang
PT Kereta Api Indonesia juga menyediakan layanan kereta wisata yang
tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang
dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi
nama Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, Jawa, Imperial, dan Priority.[16] Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun di Sumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.[17]
Khusus di Pulau Jawa,
pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam
perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan
dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi
sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan
kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga
perjalanannya jauh lebih lancar.[18]
Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut peti kemas, kereta pengangkut batu bara, kereta pengangkut semen, dan sebagainya.[19]
Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia membuat anak perusahaan yang bernama PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.
Kereta barang peti kemas melayani beberapa rute, antara lain:
Kereta barang cepat yang diberi nama Over Night Service (ONS)[22] beroperasi di koridor Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi. Satu rangkaian kereta ONS terdiri dari 10-14 kereta bagasi
Kereta penumpang
Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia di Jawa dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (30%), bisnis (22%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (39%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%). Kelas Eksekutif adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia, yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.Awalnya, kelas eksekutif dibedakan menjadi dua, yaitu kelas Argo dan kelas Satwa. Perbedaan antara dua kelas ini terletak pada nama kereta, jenis armada yang digunakan, dan tingkat kenyamanan pada masing-masing layanan. Namun, saat ini layanan kelas Argo dan Satwa telah disamakan sehingga hanya terdapat kelas Eksekutif saja.
- Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir-Surabaya Pasar Turi.
- Argo Muria yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
- Argo Lawu yang melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan.
- Argo Wilis yang melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng.
- Argo Jati yang melayani rute Gambir-Cirebon.
- Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan.
- Argo Sindoro yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
- Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung (tidak setiap rangkaian).
- Sembrani yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Gambir.
- Gajayana yang melayani rute Malang-Gambir.
- Bangunkarta yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang-Surabaya Gubeng.
- Taksaka yang melayani rute Yogyakarta-Gambir.
- Bima yang melayani rute Malang-Gambir.
- Turangga yang melayani rute Surabaya Gubeng-Bandung.
- Purwojaya yang melayani rute Cilacap-Gambir.
- Argo Parahyangan (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Bandung-Gambir (tidak semua rangkaian).
- Cirebon Ekspres (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Cirebon-Gambir.
- Tegal Bahari (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Tegal-Gambir.
- Ranggajati (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember.
- Sancaka (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Surabaya Gubeng–Yogyakarta.
- Mutiara Timur (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Surabaya Gubeng–Banyuwangi. Pernah ada layanan terusan hingga Denpasar, Bali menggunakan bus dari Banyuwangi, namun sedang dibekukan.
- Lodaya (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Bandung-Yogyakarta-Solo Balapan.
- Malabar (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi) yang malayani rute Bandung-Stasiun Yogyakarta-Stasiun Malang.
- Gumarang (Eksekutif-bisnis) yang melayani rute Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi.
- Mutiara Selatan (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Malang-Surabaya-Bandung.
- Sawunggalih Utama (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Pasar Senen–Karanganyar–Kutoarjo.
- Harina (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Bandung-Surabaya Pasar Turi lewat Stasiun Cikampek.
- Malioboro Ekspres (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Malang–Yogyakarta.
- Ciremai Ekspres (Eksekutif-Bisnis) yang melayani Bandung-Cirebon-Semarang Tawang.
- Pangrango (Eksekutif-Ekonomi) relasi Bogor-Sukabumi.
- Senja Utama Solo (Eksekutif-Ekonomi) dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta, dan Solo Balapan.
- Wijayakusuma (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Cilacap-Banyuwangi
- Sidomukti (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan.
- Kamandaka (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Purwokerto-Semarang Tawang.
- Sribilah (Eksekutif-Bisnis) yang melayani Medan-Rantauprapat.
- Sindang Marga (Eksekutif-Bisnis) yang melayani Kertapati (Palembang)-Lubuklinggau.
- Sriwijaya (Eksekutif-Bisnis) yang melayani Kertapati (Palembang)-Tanjungkarang (Bandar Lampung).
- Matarmaja yang melayani rute Malang-Pasar Senen.
- Pasundan yang melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng.
- Brantas yang melayani rute Pasar Senen–Blitar.
- Logawa yang melayani rute Purwokerto-Jember.
- Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi–Lempuyangan.
- Tawang Jaya yang melayani rute Pasar Senen-Semarang Poncol.
- Tawang Alun yang melayani rute Malang Kotalama-Banyuwangi.
- Bengawan yang melayani rute Pasar Senen-Purwosari.
- Progo yang melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan.
- Serayu yang melayani rute Pasar Senen-Kroya-Purwokerto.
- Kutojaya Utara yang melayani rute Pasar Senen-Karanganyar-Kutoarjo, (Ekonomi AC Premium non-PSO).
- Kutojaya Selatan yang melayani rute Kiaracondong-Kutoarjo.
- Kertajaya yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.
- Kahuripan yang melayani rute Kiaracondong-Blitar.
- Gaya Baru Malam yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng.
- Putri Deli yang melayani rute Medan-Tanjungbalai.
- Siantar Ekspres yang melayani rute Medan-Siantar.
- Serelo yang melayani Kertapati (Palembang)-Lubuklinggau.
- Rajabasa yang melayani Kertapati (Palembang)-Tanjungkarang (Bandar Lampung).
- Menoreh yang melayani rute Pasar Senen–Semarang Tawang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Bogowonto yang melayani rute Pasar Senen-Lempuyangan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Gajah Wong yang melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Singasari yang melayani rute Pasar Senen-Purwokerto-Karanganyar-Yogyakarta-Blitar, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Majapahit yang melayani rute Pasar Senen - Malang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Jayabaya yang melayani rute Pasar Senen - Malang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Jaka Tingkir yang melayani rute Purwosari-Yogyakarta-Pasar Senen, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Joglokerto Ekspres yang melayani rute Purwokerto-Yogyakarta-Solo Balapan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Jayakarta yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng, (Ekonomi AC Premium non-PSO).
- Tegal Ekspres yang melayani Pasar Senen–Tegal.
- Kalijaga yang melayani rute Solo Balapan-Semarang Poncol.
- Kaligung yang melayani rute Brebes-Tegal-Semarang Poncol (Ekonomi AC Plus non-PSO).
- Kuala Stabas yang melayani rute Tanjungkarang-Baturaja, (Ekonomi AC Premium non-pso
Kereta api lokal
Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api Indonesia melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi. Beberapa kereta yang dioperasikan adalah:
- Kereta Api Siliwangi yang melayai rute Sukabumi-Cianjur
- KRD Kertosono yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Cepu dan Surabaya Kota-Kertosono.
- Penataran yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar via Malang.
- Probowangi yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
- Rapih Dhoho yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar via Kediri.
- Patas Purwakarta yang melayani rute Purwakarta-Tanjung Priok.
- Lokal Merak yang melayani rute Merak-Rangkasbitung.
- Pandanwangi yang melayani rute Jember-Banyuwangi.
- Kereta api Patas Bandung Raya dan kereta api lokal Cibatu relasi Purwakarta-Padalarang-Cicalengka-Cibatu.
- KRD Surabaya Lamongan yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo, dan Surabaya-Mojokerto.
- KRD Perintis Jenggala yang melayani rute Mojokerto-Tulangan-Sidoarjo
- KA Lokal Cibatu yang melayani rute Cibatu - Purwakarta
- Sibinuang yang melayani rute Padang-Pariaman
Komuter Line
Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel, kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.
Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Solo Ekspres jurusan Solo-Kutoarjo. Jalur-jalur kereta komuter yang ada di Indonesia antara lain:
- KRL Jabodetabek/Commuter Line, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, Serpong, Lebak, dan Bekasi (kota/kabupaten), yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia.
Jalur jalur percabangan KRL Commuter line JABODETABEK
Cara Naik KRL Commuter Line Untuk Pemula
- Kereta api Prambanan Ekspres relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo yang menggunakan Kereta rel diesel elektrik hasil modifikasi dari KRL BN-Holec PT INKA Madiun dan Kereta Rel Diesel Indonesia.
- Kereta api Solo Ekspres relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo.
- Kereta api Kedung Sepur relasi Semarang-Ngrombo. Sebelumnya KRD ini hampir dialokasikan untuk Airport Railink Services dan kemudian dialokasikan untuk layanan kereta api Sri Wedari.
- Kereta api Blora Jaya Ekspres relasi Semarang-Bojonegoro.
- Kereta api Seminung relasi Tanjung Karang-Kota Bumi.
- Kereta api Way Umpu relasi Tanjung Karang-Kota Bumi.
- Kereta api Sri Lelawangsa relasi Medan-Binjai.
MRT Jakarta
Mencoba MRT Jakarta Untuk Pertama Kali dari Bundaran HI ke Lebak Bulus
Trial Run MRT Jakarta Hari Pertama Ujicoba Untuk Umum MRT Jakarta
LRT
LRT Jakarta dan LRT Jabodebek, Bedanya Apa Sih?
Uji Coba LRT Jakarta Kelapa Gading - Velodrome
LRT PALEMBANG SERASA DI LUAR NEGERI
Kereta api bandara
Stasiun Bandara Kualanamu,
KERETA BANDARA TERMEWAH dan PERTAMA
yang Ada di Indonesia. Trip Kereta Api ARS Kualanamu-Medan
Bandar Udara Internasional Minangkabau
(Eng sub) CARA NAIK Kereta Api Bandara
Internasional Minangkabau - BIM Padang
Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
MENCOBA KERETA BANDARA JAKARTA |
RAILINK SOEKARNO HATTA - SUDIRMAN BNI CITY
Bandar Udara International Yogyakarta
Naik KA Bandara Yogyakarta YIA - Dari Stasiun Yogyakarta Ke Wojo
Palembang Light Rail Transit (LRT) (Bandara SMB II ke Ampera) - Part 01
Kereta wisata
Kereta Cepat
FAKTA MENGEJUTKAN KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG
Bukan Mimpi! RI Pertama di ASEAN: Proyek 'Shinkansen' Jakarta-Bandung Selesai 2021
Nasib Proyek Kereta Cepat Jepang - RI
Kereta barang
Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut peti kemas, kereta pengangkut batu bara, kereta pengangkut semen, dan sebagainya.[19]
Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia membuat anak perusahaan yang bernama PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.
Kereta barang peti kemas
- Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Kalimas
- Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Benteng
- Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Semarang Poncol
- Stasiun Tanjung Priok-Stasiun Kalimas
- Stasiun Tanjung Priok-Stasiun Gedebage
- Stasiun Tanjung Priok-Stasiun Lemah Abang
- Stasiun Krenceng-Stasiun Cibungur-Stasiun Kalimas
- Stasiun Krenceng-Stasiun Benteng
- Stasiun Klari-Stasiun Kalimas
- Stasiun Lemah Abang-Stasiun Benteng
Kereta barang semen
Kereta api barang ini mengangkut semen dan mempunyai beberapa rute, diantaranya:
- Stasiun Nambo-Stasiun Cisaat
- Stasiun Nambo-Stasiun Kalimas
- Stasiun Nambo-Stasiun Banyuwangi Baru
- Stasiun Nambo-Stasiun Brambanan
- Stasiun Karangtalun-Stasiun Lempuyangan
- Stasiun Karangtalun-Stasiun Solo Balapan
- Stasiun Karangtalun-Stasiun Brumbung
- Stasiun Karangtalun-Stasiun Cirebon Prujakan
- Stasiun Arjawinangun-Stasiun Brambanan
- Stasiun Arjawinangun-Stasiun Purwokerto
- Stasiun Klari-Stasiun Kretek
- Stasiun Kertapati-Stasiun Tigagajah
- Stasiun Tigagajah-Stasiun Lubuk Linggau
- Stasiun Bukit Putus-Stasiun Indarung
Kereta barang bahan bakar minyak
Kereta api ketel adalah kereta api angkutan barang yang mengangkut bahan-bahan cair seperti bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar khusus (BBK). Salah satu kerja sama PT Kereta Api Indonesia dalam angkutan BBM dan BBK dengan PT Pertamina. Rute kereta barang ini di antaranya:- Stasiun Maos-Stasiun Tegal
- Stasiun Cilacap-Stasiun Rewulu
- Stasiun Rewulu-Stasiun Madiun
- Stasiun Benteng-Stasiun Malang Kotalama
- Stasiun Benteng-Stasiun Madiun
- Stasiun Bangil-Stasiun Malang Kotalama
- Stasiun Labuan-Stasiun Kisaran
- Stasiun Labuan-Stasiun Siantar
- Stasiun Kertapati-Stasiun Lubuklinggau
- Stasiun Kertapati-Stasiun Lahat
- Stasiun Kertapati-Stasiun Tigagajah
Komentar
Posting Komentar